AJARAN WAHIDIYAH

LILLAH Artinya : segala perbuatan apa saja lahir maupun batin, baik yang berhububungan dengan langsung kepada Alloh wa Rosulihi SAW maupun berhubungan dengan sesama makhluq, baik kedudukan hukumnya wajib, sunnah, atau mubah, asal bukan perbuatanyang merugikan yang tidak di ridloi Alloh, bukan perbuatan yang merugikan, melaksanakanya supaya disertai niat beribadah mengabdikan diri kepada Alloh dengn ikhlas tanpa pamrih ! LILLAH TA’ALA baik pamri ukhrowi, lebih – lebih pamri duniawi

BILLAH : merasa dan menyadari bahwa segalanya termasuk gerak gerik kita, lahir batin, tenaga, pikiran dll adalah ciptaan ALLOH MAHA PENCIPTA !. yakni ''laa haula walaa quwwata illaa billaah '' tiada daya kekuatan melainkan karena Alloh SWT.

LIRROSUL Di samping niat Lillah seperti di muka, supaya juga di sertai dengan niat LIRROSUL, yaitu niat mengikuti tuntunan Rosulullooh SAW

BIRROSUL Penerapannya seperti BILLAH keterangan di muka, akan tetapi tidak mutlak. Dan menyeluruh seperti BILLAH, melainkan terbatas dalam soal – soal yang tidak dilarang oleh Alloh wa Rosulihi SAW. Jadi dalam segala hal apapun, segala gerak – gerik kita lahir batin, asal bukan hal yang dilarang, oleh Alloh wa Rosulihi SAW. Disamping sadar Billah kita supaya merasa bahwa semuanya itu mendapat jasa dari Rosulullooh SAW ( BIRROSUL )

YUKTII KULLA DZII HAQQIN HAQQOH

Memenuhi segala macam kewajiban yang menjadi kewajiban dan tanggung jawabnya tanpa menuntut hak .mengutamakan kewajiban dari pada menuntut hak .contoh ;suami harus memenuhi kewajibannya terhadap sang isteri ,tanpa menuntut haknya dari sang isteri .dan isteri harus memenuhi kewajibannya terhadap suami,tanpa menuntut haknya dari sang suami .anak harus memenuhi kewajibannya kepada orang tua , tanpa menuntut haknya dari orang tua .dan orang tua supaya memenuhi kewaqjibannya terhadap anak, tanpa menuntut haknya dari si anak .dan sebagainya .sudah barang tentu jika kewajiban di penuhi dengan baik, maka apa yang menjadi haknya akan datang dengan sendirinya tanpa di minta .

TAQDIMUL AHAM FAL AHAM TSUMMAL ANFAH’ FAL ANFA’

Mendahulukan yang paling penting , kemudian yang paling besar manfaatnya . jika ada dua macam kewajiban atau lebih dalam waktu yang bersamaan dimana kita tidak mungkin dapat mengerjakannya ,bersama sama ,maka harus kita pilih yang paling aham ,paling penting kita kerjakan lebih dahulu . jika sama sama pentingnya ,kita ,pilih yang lebih besar manfaatnya

Sabtu, 22 Desember 2012

tanda-tandanya hati yang mati - al hikam oleh muallif sholawat wahidiyah


ِبـسْمِ الله ِالرََّحْمَـنِ الرَّحـِيْمِ
{مِنْ عَلاَمَاتِ مَوْتِ اْلقَلْبِ عَدَمُ اْلحُزْنِ عَلَى مَا فَاتَكَ مِنَ اْلمُوَافَقَاتِ وَتْرُكُ اْلنِدَمِ عَلَى مَا فَعَلْتَهُ مِنْ وُجُودِ اْلزَّلاَّتِ}

(Setengah dari pada tanda-tandanya hati yang mati, yaitu dia tidak merasa menyesal atau susah prihatin atas keglonjomannya melalaikan kewajiban-kewajiban tho’at atau atas berlarut-larutnya menjalankan maksiat).
Jika orang hatinya mati, dengan sendirinya dikecam oleh Alloh SWT. Hati yang mati, dengan sendirinya tidak dapat melihat hidayah dari Alloh SWT !. Gelap baginya !. Dia tidak dapat membedakan mana yang haq yang benar, dan mana yang bathil, tidak tahu mana yang menguntungkan dan mana yang merugikan !.
Sebaliknya, tanda-tandanya hati yang hidup, disini dikatakan :

وَعَلاَمَةُ حَيَاتِهِ بِاْلأَنْوَارِ اْلإِلَهِيَاتِ وَإِنْ لَمْ تُدْرِكْهَا لِغَلَظٍ حِجَابِكَ خُزْنُكَ عَلَى مَافَاتَكَ مِنَ الطَّاعَاتِ وَالنّدِمُكَ عَلَى مَا فَعَلْتَ مِنَ الَّزلاَتِ فَالتَّفْرآ بِصُوْرِ اْلأَعْمَالِ مِنْكَ فَرْحًا شَدِيْدًا وَتَعَتُّمُ عَلَى اْلمُخَالِفَاتِ وَذَلِكَ دَلِيْلُ عَلَى أَنَّكَ مِنْ أَهْلِ اْلمُحِبُّوْيَيْنَ للهِ فَجِدَ فٍي السَّيْرِ وَلاَ تَكَسُلُ

Tanda-tandanya hati yang hidup, atau alamatnya diridhoi oleh Alloh SWT, alamatnya diampuni oleh Alloh SWT, yaitu ketika sedang tledor sedang glonjom, dia secepat kilat sudah tobat dan prihatin. Prihatin karena tledor atau glonjom, lebih-lebih sampai berlarut-larut kedalam maksiat. Dan diwaktu dapat menjalankan tho’at dan bertobat, dia menjadi bungah gembira. Gembira bukan gembira yang menyombongkan dada, tapi bungah gembira karena ditolong oleh Alloh SWT. Bungah karena mendapat ridho Alloh. Jadi boleh dikatakan bahwa orang menjalankan tho’at, melakukan perbuatan-perbuatan yang membuahkan manfaat bagi ummat dan masyarakat, itu tandanya dia diridhoi oleh Alloh SWT. Justru itu dia menjadi gembira mendapat ridho dari Alloh SWT. Dia berbuat perbuatan yang diridhoi Alloh SWT yang memberi manfaat dari ummat dan masyarakat, baik lahiriyah maupun batiniyah. Ketika sedang berlarut-larut menjerumus kedalam maksiat, dia susah prihatin, sebab merasa dibendu oleh Alloh SWT. Merugikan ummat dan masyarakat, sekalipun wujud lahirnya seperti memberi manfaat. Malah, sekalipun lahirnya kelihatan menguntungkan, tapi karena berbuat yang tidak diridhoi Alloh SWT, itu sesungguhnya merugikan masyarakat!. Jika hatinya hidup dia cepat susah prihatin dan tobat karena melakukan hal-hal yang dibendu oleh Alloh SWT!.
Para hadirin hadirot, mari ditinjau pengalaman kita bagaimana !. Kita tidak lepas berbuat baik atau berbuat buruk, tidak lepas dari perbuatan-perbuatan yang diridhoi Alloh dan menguntungkan dan dari perbuatan-perbuatan yang dikecam Alloh dan merugikan. Perbuatan yang tidak baik dan tidak buruk, dalam suatu segi dapat dikatakan baik. Tapi dari segi lain juga dapat dipandang buruk, jika dipandang dari yang baik. Ringkasnya, perbuatan hanya ada dua macam. Diridhoi Alloh SWT, atau dikecam dibendu Alloh SWT.
Oleh karena itu mari kita periksa diri kita masing-masing, diridhoi Alloh SWT-kah atau dibendu dikecam Alloh SWT, ini kita masing-masing bisa mengetahui berdasarkan alamat-alamat tersebut diatas!. Hati kita masing-masing ini hidup atau mati, para hadirin hadirot ?. Jika mati, hati kita mati, alangkah rugi kita terutama besok pada yaumul qiyaamah. Akibat matinya hati didunia, akan dirasakan diakhirot sak jeg jumbleg selama-lamanya, para hadirin hadirot !. Sebaliknya, hati yang hidup ketika didunianya, dia akan memetik buah diakhirot untuk selama-lamanya, para hadirin hadirot, mari diri kita masing-masing kita tinjau!. Dan mari para hadirin hadirot, kita di beri akal, dan sedikit banyak menyadari bahwa kita semua ini adalah hamba Alloh yang senantiasa diberi suatu pemberian nikmat fadhol yang sebanyak-banyaknya setiap detik dalam segala segi.
Mari para hadirin hadirot, kita senantiasa cancut tali wondo untuk berbuat perbuatan yang diridhoi Alloh SWT wa Rosuulihi saw !. Yang menghasilkan manfaat bagi ummat dan masyarakat!. Terutama dalam bidang kesadaran kepada Alloh wa Rosuulihi saw!. segala perbuatan apa saja jika tidak dilandasi kesadaran, akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar, kamaa qoola Syaikhu-Syaikhi-Syaikhil-Muallif, Syekh Abdus-Salem bin Masyis :
مَنْ دَلَّكَ عَلىَ الدُّنْيَا فَقَدْ غَشَّكَ

Orang yang memberi petunjuk kepadamu soal dunia, sesungguhnya dia orang yang menipu, menjerumuskan dirimu. Mengapa tidak ? sebab dunianya lalu digunakan untuk nuruti nafsunya belaka !. Otomatis dia terjerumus !. Jika yang diberi itu, tidak sadar kepada Alloh SWT.
وَمَنْ دَلَّكَ عَلىَ الْعَمَلِ فَقَدْ اَتْعَبَكَ

Orang yang memberi petunjuk tentang amal, tentang ibadah pun begitu saja, dia itu adalah orang yang hanya membikin engkau capek kepayahan !. Malah, bisa jadi merugikan dan menjerumuskan. Mengapa tidak ? sebab, jika orang yang diberi petunjuk itu belum sadar kepada Alloh SWT, justru makin banyak amalnya, makin banyak ilmunya, makin banyak kebaikannya, justru malah makin banyak takaburnya, makin banyak rasa bangga, makin tebal ujub dan riyaknya !. Itu tadi tidak berarti jangan memberi petunjuk soal dunia, soal amal-amal kebaikan dsb, bukan begitu !. Tapi harus didasari dan diarahkan seperti dawuhnya yang ketiga yaitu:
وَمَنْ دَلَّكَ عَلىَ اللهِ فَقَدْ نَصَحَكَ

Dan barang siapa yang memberi petunjuk, mengantarkan kepada Alloh SWT, itulah orang yang sungguh-sungguh memberi kebaikan kepadamu !.
Para hadirin hadirot, mudah-mudahan kita senantiasa dapat menjiwai segala amal-amal ibadah kita dan segala kepentingan duniawiyah kita, kita jiwai dengan pengabdian diri dan kesadaran kepada Alloh wa Rosuulihi saw. Yaitu LILLAH BILLAH - LIRROSUL BIRROSUL !. Sungguh-sungguh ikhlas !.

Kembali lagi kepada pengajian. Jadi tanda-tandanya hati yang mati yaitu tidak mau susah prihatin lantaran berbuat soal-soal yang dikecam oleh Alloh SWT nuruti nafsunya belaka !. Itu hati yang mati. Tidak mau susah dan prihatin. Boleh jadi malah bangga malah gembira. Ini hatinya mati, tidak hidup. Yang kelihatan hidup itu hanya klontongannya saja!. Sesungguhnya dia bangkai. Itulah yang dikecam oleh Alloh SWT, tegas tidak diridhoi Alloh SWT!. Dikecam, dibendu, dimusuhi oleh Alloh SWT. Tapi jika hati yang hidup, ketika sedang maksiat atau berlarut-larut, secepat kilat tobat, susah. Secepat kilat menyesal!. Kata Bakdul -Arifiin:
اَلْوُجَلُ إِلَى اْلأَجَلْ

Harus menyesal sampai mati masih menyesal!. Sekalipun maksiat kecil, lebih-
lebih maksiat besar!. Lebih-lebih Syirik, sekalipun syirik khofi, syirik yang samar-
samar, Bakdul Arifiin zaman kuno, maksiat sedikit saja menyesalnya sampai
bertahun-tahun. Malah ..... pokoknya “al-wajal ilal-ajal”. Tapi para hadirin hadirot,
kita menyesal atas dosa-dosa ya jangan sampai keterlaluan sampai meninggalkan
bidang-bidang lain !. Penyesalan maksudnya supaya dapat senantiasa berhati-
hati jangan sampai berbuat maksiat lagi, jangan sampai ngglonjom lagi. Supaya
dapat selalu menyadari bahwa maksiat atau glonjom lebih-lebih berlarut-larut
adalah sesuatu yang dikecam oleh Alloh SWT, yang menjauhkan diri dari Alloh
SWT. Tapi maksudul-‘azom, maksud yang prinsip yaitu agar supaya sadar, zuhud
kepada Alloh SWT, ma’rifat kepada Alloh SWT. LILLAH BILLAH istilah
Wahidiyah !. LILLAH + mengabdikan diri dalam segala bidang !. Segala waktu,
segala keadaan. Segala perbuatan diarahkan untuk mengabdikan diri kepada
Alloh SWT. Dan dalam segala bidang, segala waktu pula, senantiasa BILLAH,
senantiasa ber TAUHID kepada Alloh SWT. Ini soal yang pokok. Segala amalan,
segala perbuatan, segala bidang, segala ilmiyah, dalam segala waktu dan
keadaan, penuh digunakan pengabdian diri dan kesadaran kepada Alloh SWT
wa Rosuulihi saw !. Menempatkan Alloh pada tempat-NYA !. Yaitu Tuhan Maha
Pencipta, Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Yang Maha Memberi, Tuhan Yang Maha
Rohman-Rohim, Tuhan Yang Maha Mengetahui,.........Tuhan Yang serba Maha !. Menempatkan diri kita sebagai Hamba. Hamba yang apes, hamba yang lemah, yang senantiasa berlarut-larut, yang senantiasa dholuuman jahuulan !. Hamba yang senantiasa membutuhkan,........         Dsb dsb !.
Ya mudah-mudahan para hadirin hadirot kita semua dikaruniai senantiasa
hati yang hidup !. Hidup untuk Fafirruu ilallohi wa Rosuulihi saw. Min yauminaa
haadza ila yaumil-qiayamah !. Amiin !.

لاَيَعْظُمُ الذَّنْبُ عِنْدَكَ عَظَمَةٌ تَصُدُّكَ عَنْ حُسْنِ الظَّنِّ بِاللهِ فَإِنَّهُ مَنْ عَرَفَ رَبَّهُ اسْتَصْغَرَ فِيْ جَنْبِ كَرَمِهِ ذَنْبُهُ
Jangan sekali-sekali suatu dosa itu bagimu menjadi perkara besar yang memberatkan dirimu, sehingga menghalang-halangi engkau berhusnu-zdon kepada Alloh SWT. Sehingga engkau berputus asa, malah sehingga engkau berprasangka jelek terhadap Alloh SWT !. Sekali-kali jangan !. Jadi kita harus merasa berdosa besar, tapi jangan sampai keterlaluan !. Sebab jika keterlaluan, lalu menjadi putus asa !. Atau suuzdon, menyangka jelek kepada Tuhan. Menyangka bahwa Tuhan tidak mengampuninya!. Kita harus berkeyakinan bahwa Alloh SWT adalah Rohman-Rohim, Ghoffaar-Ghofuur. Perasaan berdosa besar itu supaya mendorong lekas-lekas bertobat kepada Alloh SWT !. Jangan sampai merasa karena dosanya terlalu besar lalu putus asa!. Ini terkecam !. Bahaya !. Sebab berarti tidak atau kurang percaya bahwa Alloh SWT Maha mengampuni segala dosa biar bagaimanapun besarnya. Terkecuali dosa syirik, dosa meyekutukan Tuhan. Sekalipun syirik khofi !. Tidak sadar BILLAH istilah Wahidiyah !. Dosa syirik yang tidak ditobati sampai mati, tidak akan diampuni oleh Alloh SWT. Tapi sekalipun dosa syirik, asal segera mau bertobat, mau merubah sikapnya, masih diampuni!. Lha lebih-lebih dosa-dosa selainnya syirik asal mau bertobat, Tuhan Maha Mengampuni segala dosa !. Dosa yang paling berat adalah dosa syirik. Tapi asal mau bertobat, masih juga diampuni oleh Alloh SWT Maha Mengampuni dosa.

إِنَّ اللهَ لاَيَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذَالِكَ لِمَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُشْرِكْ بِاللهِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلاَلاً بَعِيْدًا {النساء:١١٩}

(Sesungguhnya Alloh tidak mengampuni dosa syirik, dan mengampuni dosa-dosa selain syirik bagi orang yang Dia kehendaki. Barang siapa syirik Billah mempersekutukan Alloh, maka sungguh ia telah tersesat sejauh-jauhnya)
Itu tadi dosa syirik yang tidak ditobati sampai datangnya mati. Tapi jika sebelum mati ia mau bertobat masih diampuni-NYA. Orang yang asalnya musyrikin lalu masuk Islam berarti dia telah bertobat dari syiriknya. Itulah kemurahan Alloh SWT!.
Orang yang berdosa besar tidak secepatnya bertobat malah putus asa, ini terkecam !. Malah, putus asanya itu lebih berat dari pada dosanya. ........  FAINNAHU MAN ‘AROFA ROBBAHU ISTASHGHORO FII JANBI KAROMIHI  DZAMBAHU”.
Sebab, jika orang menyadari bahwa Alloh SWT Maha Kasih-Sayang, dia tidak kecil hati. Yakin Tuhan mengampuni dosa-dosanya sekalipun bagaimana beratnya. Dan oleh karena itu dia tidak segan-segan bertobat memohon ampunan. Pokoknya asal mau tobat, pasti diampuni oleh Alloh SWT. Banyak kejadian-kejadian dalam sejarah atau pengalaman.

Orang yang berdosa besar, lalu sebab itu menjadikan dia secepat kilat tobat dan merubah sikap, itu tandanya bahwa dia dikaruniai iman oleh Alloh SWT.

قاَلَ اِبْنُ مَسْعُوْدٍ: إِنَّ الْمُؤْمِنَ يَرَى ذُنُوْبَهُ كَأَنَّهَا فِيْ أَصْلِ جَبَلٍ يُخَافُ أَنْ يَقَعَ عَلَيْهِ وَإِنَّ اْلفَاجِرَ يَرَى ذُنُوْبَهُ كَذُبَابٍ وَقَعَ عَلَى أَنْفِهِ قَالَ بِهِ هَاكَذَا وَأَطَارَهُ

Berkata Syekh Ibnu Mas’ud : orang yang mukmin melihat dosanya seolah-olah seperti dia di bawah kaki gunung yang akan longsor, dan dia takut tertimbun. Atau seperti orang dibawah bangunan besar yang sudah retak-retak dan akan ambruk. Tentu dia takut bukan main. Begitu juga seorang yang sungguh-sungguh mukmin melihat dosanya sekalipun kecil, dia takut sekali.
Lebih-lebih dosa besar, tapi sebaliknya orang yang mati hatinya, orang yang lacut berlarut-larut, dosanya yang begitu besar dianggap soal biasa.

وَيُقَالُ أَنَّ الطَّاعَةَ كُلَّمَا اسْتَصْغَرَتْ كَبُرَتْ عِنْدَ اللهِ وَأَنَّ الْمَعْصِيَّةَ كُلَّمَا اسْتُعْظِمَتْ صَغُرَتْ عِنْدَ اللهِ

Dikatakan bahwa tho’at, jika dipandang kecil, besar artinya dalam pandangan Alloh SWT. Dan maksiat jika dipandang besar (oleh yang berbuat), maka menjadi kecil dalam pandangan Alloh.

Jadi tho’at, jika yang melakukan tho’at itu merasa kecil tak berarti, malah merasa banyak kekurangan-kekurangannya, kurang ikhlas dan sebagainya, ini menjadi besar nilainya dalam pandangan Alloh SWT. Sebaliknya maksiat, jika yang berbuat menganggapnya kecil, soal biasa, ini menjadi dosa besar yang dobel-dobel serta dibendu dimurkai oleh Alloh SWT. Lebih-lebih sampai merasa baik. Maksiat, sekalipun maksiat kecil, lebih-lebih maksiat besar, ini diampuni oleh Alloh SWT.
Jadi soal hati yang penting. Mengatur hati bagaimana seharusnya, itu yang penting sekali. Sekali lagi, hati adalah penting sekali, seperti sudah kita maklumi, kita yakini. Tepat sekali itu hadist Rosuulullohi saw:

إِنَّ فِيْ الْجَسَدِ لَمُضْغَةٌ إِذَا صَلُحَتْ صَلُحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ اَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ 
Sesungguhnya didalam tubuh ada segumpal daging. Jika segumpal daging itu baik, menjadi baik pula seluruh jasad, dan jika buruk menjadi buruk pula seluruh jasad. Ketahuilah yaitu hati.
ذَرَّةٌ مِنْ أَعْمَالِ الْقَلْبِ خَيْرٌ مِنْ أَمْثَالِ الْجَبَالِ مِنْ أَعْمَالِ الْجَوَارِحِ {اوكعاقال}

Amal hati sebesar semut yang paling kecil lebih baik dari pada bergunung-gunung amal lahiriyah.

Sebaliknya, dosa kecil sekecil atom misalnya dari perbuatan hati itu lebih berat lebih berbahaya dari bergunung-gunung dosa lahiriyah, bukan berarti begitu !. Tapi ini memperingatkan betapa pentinganya soal batiniyah !. Seperti itu, istilah maksiat, syirik atau kufur, atau isitilah iman, syuhud atau sadar, itu semua adalah amal perbuatan hati semua !. Dosa yang paling besar, paling berat akibatnya adalah syirik. Inipun perbuatan hati. Begitu juga amal yang paling tinggi nilainya, adalah perbuatan atau amalnya hati, yaitu sadar atau syuhud kepada Alloh SWT.

            Begitu pentinganya hati para hadirin hadirot, mari kita perhatikan dengan sebanyak mungkin disamping memperhatikan amal-amal lahir!. Dan sekalipun soal hati itu mudah membahasnya, tapi diibaratkan sebagai setitik air diatas daun talas. Mudah sekali berpindah-pindah. Lap sana, lap sini, lap sana dan seterusnya. Maka perang yang paling berat, seperti sabda Rosuulullohi saw “Jihadil-Akbar”, adalah Jihadun-nafsi. Mujahadatun-nafsi. Merangi nafsu !. Ya mudah-mudahan para hadirin hadirot kita senantiasa diridloi Alloh SWT, diberi hidayah dan taufiq, syafa’at, tarbiyah dari Rosuulillaahi saw, syafa’at tarbiyah khooshshotaini, wa kadzalik barokah karomah dari beliau Ghousi Hadhaz-Zaman wa Akwaanihi rodiyallohu Ta'ala 'annum !. Amiin!.

لاَ صَغِيْرَةَ إِذَا قَابَلَكَ عَدْلُهُ وَلاَ كَبِيْرَةَ إِذَا وَجَّهَكَ فَضْلُهُ

(Tidak ada dosa kecil, semua dosa besar jika diadili oleh Alloh SWT. Jika Alloh SWT melaksanakan sifat Adil-NYA, tidak ada dosa kecil. Semua besar. Semua berdosa !. Sekalipun tho’at, ibadah wujud lahirnya itu merupakan dosa besar semua !. Jika dilaksanakan Adil-NYA Alloh SWT. Adilnya Alloh SWT, yaitu Alloh SWT bebas berbuat apa saja terhadap makhluq, terhadap hamba-NYA !. Yang jelek dibikin baik ya bisa, yang baik dijadikan jelek ya bebas!. Itu Adilnya Alloh SWT. Jadi adilnya Alloh Ta’ala yaitu menggunakan, berbuat terhadap makhluqnya, hamba-NYA sewenang-wenang. Yang baik disiksa, atau yang jelek malah dikasihi dan sebagainya.......bebas !. Kalau orang yang menyadari sifat adilnya Alloh SWT yang seperti itu, otomatis sekalipun ia punya ibadah seperti ibadahnya para malaikat, dia tetap takut!. Otomatis !. Sebab, dia lalu menyadari bahwa Tuhan bebas berbuat apa saja dan bagaimanapun juga, bebas menyiksa, bebas menghancurkan !.
“WALAA KABIIROTA IDZAA WAJJAH HAKA FADLUHU”. Sebaliknya, jika Tuhan berbuat melaksanakan fadhol-NYA. Fadhol yaitu I’thoous-syai-I big-ghoiri ‘iwadlin, memberi tanpa adanya sesuatu apapun juga sebelumnya tidak dimintai, diberi imbalan lebih-lebih, pokoknya inisiatif dari si pemberi itu tanpa sebab dari lain. Ini fadhol. Jika Alloh SWT memberi, ini otomatis Alloh SWT tidak didesak atau dipengaruhi oleh lain-NYA. Oleh hamba-NYA, oleh dan sebagainya. Tapi semata-mata dari irodah kemauan Alloh SWT !. Sebaliknya, jika Tuhan berbuat melaksanakan fadhol-NYA, atau seseorang mendapat fadholnya Alloh SWT, sama sekali dia tidak punya dosa besar. Malah dosa kecilpun tidak punya !. Itu jika orang diberi fadlol oleh Alloh SWT !. Malah, dosa-dosanya menjadi baik semua !.

Dus, jika sifat adil Tuhan dilakukan atas hamba-NYA, maka semua ibadah  si hamba menjadi maksiaat semua !. Lebih lagi maksiatnya !. Tapi jika yang diberi fadhol oleh Alloh SWT, semua dosanya diampuni, malah semuanya menjadi baik!. Lebih-lebih ibadahnya !. Ya mudah-mudahan para hadirin hadirot, kita semua dikaruniai fadhol yang sebanyak-banyaknya !. Amiin ! Amiin !. Amiin!.
Lha itu didalam Al-Qur’an antara lain :
أُولَئِكَ الَّذِيْنَ يُبَدِّلُ اللهُ سَيِّئاَتِهِمْ حَسَنَاتٍ (الفرقان : ٧٠)

Mereka yang karena mendapat fadholnya Alloh SWT, otomatis mereka bertobat!. Bukan hanya diampuni saja dosa-dosanya, tapi disamping diampuni, dosanya itu diganti kebaikan semuanya !.

Jika orang diadili Tuhan, ibadahnya tidak ada yang diterima, jangankan diberi pahala, tapi dijadikan siksa buat menyiksa dirinya sendiri!.
Ya mudah-mudahan sekali lagi kita dikaruniai fadhol oleh Alloh SWT !.  Kita harus usaha !. Harus usaha !.
لاَ يَكُوْنُ الْفَضْلُ إِلاَّ لِلْمُنْكَسِرَةِ قُلُوْبِهِمْ الْمُتَعَارِضَةُ لِلنَّفَاحَاتِ اْلإِلاَهِيَّةِ

Orang yang tidak akan mendapat fadholnya Alloh Ta’ala jika hatinya tidak selalu nelongso yang sungguh-sungguh !. Merasa berlarut-larut!. Dan usaha sekuat mungkin untuk merubah sikap!. Jika tidak begitu, jangan harap mendapat fadhol-Nya Alloh SWT !. Malah justru dia mengharap tetapi tidak berbuat, tidak konsekwen, begitu itu jauh lebih berat mendapat bendunya Alloh SWT!. Jika kita menginginkan mendapat fadlolnya Alloh SWT yang sebanyak-banyaknya, kita harus dengan sungguh-sungguh nelongso, merasa berlarut-larut dan sekuat mungkin memperbaiki keadaan!.Sekuat mungkin memperbaiki dan meningkatkan !.
Iman Syazali diantara doanya :
وَجَعَلَ سَيِّئَاتِنَا سَيِّئَاتِ مَنْ أَحْبَبْتَ وَلاَ تَجْعَلْ حَسَنَاتِنَا حَسَنَاتِ مَنْ أَبْغَضْتَ

Ya Tuhan, jadikanlah keburukanku, maksiatku, seperti maksiatnya orang yang engkau kasihi !. Dan ya Tuhan, janganlah kebaikanku engkau jadikan seperti akan orang yang Engkau murkai!. Ini do’a baik juga untuk kita amalkan. Seperti diatas tadi, jika orang dikasihi Alloh SWT, diberi fadlol, biar bagaimanapun besar maksiatnya, senantiasa diampuni dan bahkan diganti dengan kebaikan yang sebanyak-banyaknya. Sebaliknya jika orang dimurkai dibendu oleh Alloh SWT, biar bagaimanapun juga kebaikan-kebaikannya, sama sekali tidak ada artinya. Malah justru makin banyak kebaikannya, justru makin berat siksa yang ditimpakan atas dirinya, orang yang dibendu dimurka oleh Alloh SWT !. Dus yang pokok, ialah apakah dikasihi oleh Alloh ataukah dibendu dimurka oleh Alloh SWT. Dengan kata lain, orang hanus ada dua kemungkinan. Mendapat fadholnya Alloh SWT atau mendapat Adilnya Alloh SWT !.Jadi perbuatan baik atau perbuatan buruk, itu hanya akibat. Akibat dari fadholnya Alloh Ta’ala. Otomatis jika orang mendapat fadholnya Alloh Ta’ala perbuatannya, akhlaqnya, perangainya, baik. Selalu berbuat perbuatan-perbuatan yang diridloi Alloh SWT, memberi manfaat kepada ummat dan masyarakat Sebaliknya jika orang mendapat murka Alloh Ta’ala istilahnya Imam Ghozali, atau mengalami sifat Adilnya Alloh Ta’ala istilah dalam kitab ini, selalu berbuat perbuatan yang dikecam oleh Alloh Ta’ala, selalu merugikan kepada ummat dan masyarakat!.

Ya sekali lagi para hadirin hadirot, kita mendapat fadholnya Alloh SWT yang sebanyak-banyaknya, dalam segala bidang !. Mudah-mudahan perjuangan kita ini mendapat fadholnya Alloh SWT sehingga jamii’al alamiin dalam waktu yang tidak lama berduyun-duyun FAFIRRU ILALLOHI WA ROSUULIHI SAW. Dan mudah-mudahan para hadirin hadirot, hubungan Mujahadah Kubro yang akan datang, mudah-mudahan mendapat fadhol dari Alloh SWT yang luaaaar biasa !. Amiin !. Amiin !. Amiin !. yaa robbal alamiin !.

Para hadirin hadirot, kiranya pengajian cukup sekian, dan semoga pengajian pagi ini benar-benar diridhoi Alloh SWT wa Rosuulihi saw !. Dan mari hubungan Mujahadah Kubro yang akan datang kita usahakan sekuat mungkin dhohiron wa baathinan, agar Mujahadah Kubro itu nanti benar-benar diridhoi Alloh wa Rosuulihi saw, sehingga membuahkan manfaat yang sebanyak-banyaknya bagi kita sekeluarga dan bagi ummat dan masyarakat, terutama soal kesadaran Fafirruu ilallohi wa Rosuulihi saw !. Amiin !. Selanjutnya waktu dan tempat dipersilahkan untuk sambutan dari Penyiar Sholawat Wahidiyah Pusat!.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar