A. BACAAN SAYYIDINAA
Arti
kalimat “Sayyid” adalah (الَّسيِّدهُوَ مَنْ فــَاقَ على غَيْرِه ) artinya “Sayyid adalah orang ang tertinggi / termulia dari yang
lain. Orang tertinggi kedudukannya di suatu desa dinamakan “Sayyidul-qoryah”,
yang tertinggi di suatu negara didsebut “Sayyidul-balad” dan seterusnya.
Sedangkan sudah dimaklumi orang yang tertinggi di kalangan makhluq adalah
Rosululloh e.
Dalam
sholawat Ma’tsuroh (yang redaksinya disusun oleh Rosululloh sendiri)
tidak ada yang memakai kalimah ‘’Sayyidina”. Hal ini menunjukkan
keluhuran budi Rosululloh, e yang tidak pernah menonjolkan diri. Beliau selalu ber-tawadlu’,
lemah lembut kepada siapapun. Suatu
sikap budi luhur yang seharusnya ditiru oleh para ummatnya.
Adapun kita
sering membacanya dengan tambahan kata “SAYYIDINA”, kata itu tambahan
oleh para shahabat Nabi e, sebagai cetusan rasa ta`dhim dan mahabbah.
Sudah sewajarnya kita para ummatnya menyebut Baginda Nabi e dengan “Sayyidina” atau kata lain yang maksudnya sama,
misalnya “Kanjeng”, “Gusti”, “Bendara”, “Baginda”
dan sebagainya. Sedangkan terhadap pahlawan bangsa kita sering menggunakan
“Pangeran” seperti “Pangeran Diponegoro”, Kanjeng Sultan dan sebagainya.
Lebih-lebih terhadap Rosulullah e.
Bukankah Baginda Nabi Muhammad e, sebagai
“Sayyidul Anbiyaa Wal Mursaliin”, Pemimpin-nya para
Nabi dan para Utusan ِAlloh, bahkan “Sayyidul Kholqi Ajma`iin”,
Sayyid atau Pemimpinnya seluruh makhluq!
Jadi penggunaan kalimah “Sayyidina” terhadap
Baginda Nabi e baik di dalam bacaan sholawat
ataupun di luar bacaan sholawat, merupakan cetusan rasa ta’dhim (memuliakan)
dan rasa mahabbah / cinta yang mulus. Bukan dan tidak boleh
diartikan sebagai merubah yang asli atau mengada-adakan.
Pada kesempatan lain Rosulullah e
, bersabda:
أنا
سـيد ولـد أدم ولا فـخـر.. الحديث رواه
أحـمد والترمـذي وابـن مـاجـه عـن أبي سـعـيد الحـذري
“Aku adalah Sayyid bagi anak cucu Adam dan
tidak membanggakan diri……” (Riwayat
Imma Ahmad dan Tirmidzi dan ibnu Majah dari
Abu Sa’id al Khudri).
Alloh
I melarang
/ tidak memper-bolehkan memanggil Baginda Nabi e,
hanya dengan menyebut “Yaa Muhammad “ atau “Yaa Abal
Qosim” dan panggilan lain yang tidak mengandung nilai ta’dhim
(memuliakan).
Firman Alloh I,:
لاَّ تَجْعَلُواْ
دُعَآءَ الرَّسُولِ بَيْنَكُمْ كَدُعَآءِ بَعْضِكُمْ بَعْضاً
.....الأية (24-النور: 63)
“Janganlah
kamu jadikan panggilan Rosul diantara kamu seperti panggilan sebahagian kamu
kepada sebahagian (yang lain)….” (Q.S.
24 –An-Nur, 63)
Di dalam ayat lain disebutkan
larangan Alloh I
:
يآأَيُّهَا
الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَرْفَعُواْ أَصْوَاتَكُمْ فَوْقَ صَوْتِ النَّبِيِّ وَلاَ
تَجْهَرُواْ لَهُ بِالْقَوْلِ كَجَهْرِ بَعْضِكُمْ لِبَعْضٍ أَن تَحْبَطَ
أَعْمَالُكُمْ وَأَنتُمْ لاَ تَشْعُرُونَ.
(49-
الحـــجــــرات :2)
Artinya
kurang lebih:
“Wahai
orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suara kamu melebihi suara
Nabi e dan
janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara keras sebagaimana kerasnya
(suara) sebahagian kamu terhadap sebahagian yang lain, supaya tidak terhapus
(pahala) amal-amal kamu sekalian dan kamu sekalian tidak menyadari”. (49-Al-Hujurot :2)
Kedua
ayat tersebut bertitik berat pada bidang adab terhadap Rosulullah e.
Memanggil nama Beliau e dengan
“njangkar” istilah orang Jawa, memanggil tanpa disertai penghormatan, dan
berbicara keras terhadap Baginda Nabi e,
adalah sangat tidak sopan dan merupakan su-ul adab yang bisa mengakibatkan
terhapusnya amal-amal kebaikan.
Kita
para umat wajib menghormat dan memuliakan Baginda Nabi e.
Syekh Abul Abbas At-Tijani berkata sebagaimana disebutkan di dalam kitab
Sa’aadatud-Daaroini, halaman 11, bahwa “siyaadah” (sebutan Yaa Sayyidii atau
Sayyidina) adalah termasuk ibadah. Sebab maksud pokok dari bacaan sholawat
adalah menghormat, mengagungkan Baginda Nabi e.
Jadi apabila meninggalkan kata siyaadah di dalam bacaan sholawat,
berarti kurang menghormat / kurang memuliakan kepada Beliau e.
Ini perlu kita perhatikan !
Adapun mewmperbanyak nida’ “YAA SAYYIDII YAA
ROSUULALLOH” sebagaimana yang banyak dilakukan oleh Pengamal Wahidiyah itu
tidak berarti meninggalkan Alloh atau menomor duakan alloh, Itu tridak. Karena
dengan menyebut nida’ tersebut sekali gus berdzikir kepada Aloh.
Perhatikan dalam sudsunan kalimatpun juga ada lafadh
“ALLOH”. Disamping itu berdzikir / ingat kepada Rasululloh juga termasuk
berdzikir kepada Alloh.
Sabda Nabi :
مَنْ ذَكــَـرَنِى فـَـقـــَدْ ذَكــَـرَ الله َ وَمَنْ
أَحَبـَّـنِى فـَقــَدْ أَحَبَّ الله َ
وَالــْمـــُصَلــِّى عـَـلــَيَّ
نـــَاطِـقٌ بــِذِكـــْر ِ الله ِ (ســعــادة الــداريـــن 512)
Nabi
e bersabda : “Barangsiapa menyebut
namaku (dzikir / ingat kepadaku), maka sesungguhnya ia telah menyebut /
berdzikir
kepada Alloh, dan barangsiapa mencintai aku, maka sesungguhnya ia telah
mencintai Alloh, dan orang yang membaca sholawat kepadaku termasuk berdzikir kepada Alloh”. (Sa’adatud Daroini 512).
Lebih dari itu orang yang banyak berdzikir kepada
Beliau akan diberi rasa mahabbah kepada Beliau. Sedangkan rasa mahabbah kepada
Beliau termasuk tali pengikat iman kepada Alloh.
Bersabda Rosullullah e:
مـَـنْ أَحَـبَّ شَـيْئاً أَكْــثَرَ مِــنْ ذِكْـــــرِهِ (رواه الد يلمي عن عا ئشة)
“Barang siapa mencintai sesuatu, dia banyak menyebut / mengingat sesuatu itu”. (Riwayat
Dailami dari Aisyah R.A)
أَلاَ لاَ إِيـْمَـانَ لِـمَـنْ لاَ مَحَـبَّـةَ لَـهُ , لاَ إِيـْمَـانَ لِـمَـنْ لاَ مَـحَـبَّـةَ لَـــهُ ( الصا وي الثـا لث : 41 )
“Perhatikanlah,
tidak disebut beriman orang yang tidak mempunyai rasa cinta…( Showi juz 3
halaman 41 )
Rasululloh, e bersabda :
لاَ يـُؤْ مِنُ
أَحَـــدُكُـمْ حَـتَّى أَكُــوْنَ أَحَــبَّ إِلَـيْـهِ مِــنْ نـَفْـسِهِ وَمَـالِـــهِ وَالـنَّاسِ أَجْـمَـعِـــيْنَ . (رواه
البخاري ومسلم وأحمد والتر مذي وابن ماجه عن انس y)
“Tidaklah sempurna iman salah satu dari kamu
sekalian sehingga Aku lebih dicintai dari pada dirinya sendiri, hartanya dan
manusia semuanya”. (Riwayatbukhari, Muslim, Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Anas).
Uraian tentang mahabbah secara lengkap Insya Alloh
akan dibahas di Masalah Mahabbah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar